Sudah lama saya tidak menulis di halaman blog ini, karena lebih banyak menulis dengan menyalurkan hobi, maklum sedang semangat belajar (otodidak) koding via online teman teman. Jadinya saya lebih banyak menulis di halaman editblogtema.net

Saya memiliki blog lain yang sebenarnya juga kami kelola bersama yakni 'adelinasasa' nah saya mau cerita dikit mengenai blog yang satu ini yang artinya sebenarnya adalah:
pusing melihat trafik blog

Adelina dan Sasa (Anissa Auliasari) saya sendiri he he he, Adel itu adek saya. Dia lebih malas ngeblog memang hobi setiap orang itu beda beda. Awalnya dibuatkan dan di kelola oleh seseorang dari editblogtema.

Tapi ternyata walau asal asalan Adelinasasa telah memiliki jumlah pengunjung jutaan dan beberapa artikelnya bahkan telah mendapatkan pengunjung hingga lebih 800 ribuan kali di baca, bukan mau maksud mau pamer, tapi saya sendiri sebenarnya tidak terlalu antusias mengelola blog yang satu ini tadinya:
salah satu artikel  telah terbaca 88.409 kali
salah satu artikel  telah terbaca 88.409 kali

Artikel itu di tulis oleh suhu Sofyan Ya-an sedangkan artikel yang saya tulis sendiri baru mencapai 530x kunjungan. Memang kadang beda kualitas ya... he he he. Namun tulisan berjudul 'cara membuat menu navigasi contempo hybrid" adalah copas dari editblogtema, tidak mendapat sambuatan sehebat dari tempat asalnya.

Akhirnya harus di akui faktor blog menjadi meningkat performanya adalah:
  • Kontennya harus berkualitas
  • Penulisnya harus memiliki sedikit kredibilitas.
  • Medianya (blognya) harus tampak konsisten dan sudah melewai usia 3 bulan.
Dan tentu saja kita dapat menjadi penulis yang baik dan berkualitas serta menjadikan site kita lebih banyak di kunjungi dengan cara melatih dan mengasah kemampuan kita terus menerus. Meskipun ngeblog tidak perlu berguru, cukup belajar sendiri. Pengalaman bahkan akan menjadi guru dan membuat seorang blogger menjadi guru yang baik bagi blogger lainnya.

Tool parameter online sering sekali tidak akurat, sebutlah DA dan PA, ranking Alexa dll. Google juga mengakuinya kok. Di banding dengan editblogtema yang masih berusia 1 tahun ranking Alexa adelinasasa jauh: editblogtema sudah bertengger di hampir 500 ranking Alexa sedangkan adelinasasa masih berkutat di 2 jutaan. Tapi, soal banyaknya pengunjung Adelinasasa jauh mengalahkan editblogtema. Editblogtema memang lebih laku dalam hal mendapatkan tawaran ads, tapi soal mendapatkan uang adelinasasa mendapatkan penghasilan 2x lipat editblogtema.

Ini buka bukaan saja yaaa...ranking itu: Alexa, Moz, parameter DA dan PA terkadang (atau lebih cenderung ke faktanya) lebih ke prestise saja. Namun tampilan mentereng memang dapat memikat sementara orang. Parameter adalah parameter, selalu tidak dapat diandalkan akurasinya.

Saya mengunjungi banyak situs, termasuk milik Neil Pathel, dan saya akhirnya berkesimpulan itu adalah bisnis oriented. maju atau tidak majunya situs tergantung kerja keras kita dalam membuat konten yang berkualitas dan juga usaha kita sendiri untuk belajar terus menerus.

Ya belajar terus menerus! Bagaimana mereka berani mengatur situs kita dengan tool mereka yang berbayar sementara besok atau lusa algoritma Google telah berubah? Mereka bukan Google, bukan Wordpress, mereka hanya mencoba menawarkan jasa untuk mengoptimalkan halaman blog atau website yang kita miliki. Jangan buru buru membelanjakan uang karena itu belum tentu berguna dan apalagi efektif. Terutama kepada blogger pemula, mulailah dengan konten!

Saya belajar banyak dari editblogtema dan menghabiskan waktu menulis disana. Sementara blog saya yang satu ini masih bertengger di ranking 4 jutaan Alexa! Saya samasekali tidak perduli walau paramater Alexa itu semakin penting terutama buat bisnis. Tentu saja saya sadar betapa terbatasnya konten konten yang telah saya buat disini karena saya lebih suka menulis topik yang berbeda dengan misi blog ini yang telah saya tentukan dari awal.

6 comments:

  1. Dari kemaren pengen nanya.. hubungan Adel n Sasa ma master Sofyan apa yah hehehe.

    Duh kalo sudah bahas alexa, da/pa ma penghasilah, di situ saya merasa sedih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan bersedih...he he he itu tidak penting lagi sekarang

      Delete
  2. Saya juga punya blog yang kadang saja nulisnya, tapi ada beberapa artikel yang lumayan pengunjung nya. Tapi soal iklan memang masih belum pernah dapat bayaran sih , soalnya baru setahun daftar adsense

    ReplyDelete
  3. wah mantap ya ada 1 artikel yang viewsnya luar biasa..
    saya juga ada 1 blog lagi, udh 2 tahun terbengkalai tapi herannya traffic perharinya lebih banyak dari yang sehari2 saya urusin wkwkwk..

    -Traveler Paruh Waktu

    ReplyDelete
    Replies
    1. kadang memang demikian, algoritma Gugel, sudah pintar, licik dan mengecoh ya :))

      Delete

Powered by Blogger.